Friday, May 31, 2013

Pengaruh Globalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia



       Sebelum kita membahas apa saja pengaruh-pengaruh dari globalisasi terhadap perekonomian Indonesia saya akan menjelaskan tentang apa sih globalisasi itu sendiri. Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Dan secara umum Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Ciri-ciri globalisasi sendiri adalah sebagai berikut:
  • Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.
  • Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).
  • Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olah raga internasional). saat ini, kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.
  • Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.
            Lalu bagaimana globalisasi ini mempengaruhi perekonommian negara kita. Negara kita merupakan wilayah strategis yang diapit samudera pasifik dan samudera hindia yang merupakan jalur perdagangan yang paling strategis. Dengan keadaan yang seperti itu akan mudah sekali globalisasi masuk ke dalam Indonesia dan mempengaruhi berbagai aspek, salah satunya perekonomian kita.
            Dapat dilihat dari sistem ekonomi yang dipakai negara Indonesia. Dahulu sebelum adanya pengaruh globalisasi negara kita menganut sistem ekonomi pasar. Namun setelah adanya pengaruh globalisasi sistem ekonomi yang negara kita anut sekarang adalah sistem ekonomi campuran. Dimana bisa kita lihat dalam menjalankan sebuah perekonomian memang lebih baik jika semua peranan ikut ambil peran dalam menjalankan suatu perekonomian.
            Pengaruh globalisasi juga tidak mempengaruhi sistem ekonomi saja. Dengan adanya globalisasi maka tersedianya pasar untuk produk-produk ekspor semakin terbuka, dengan catatan produk ekspor kita harus dapat bersaing dengan produk luar lainnya. Hal ini membuka kesempatan bagi pengusaha di Indonesia untuk melahirkan produk-produk berkualitas, kreatif, dan dibutuhkan oleh pasar dunia. Namun pada kenyataannya jumlah impor negara kita menjadi lebih besar dibandingkan jumlah barang yang diekspor. Hal ini juga dipengaruhi dari sisi konsumen yang sudah dipengaruhi oleh globalisasii. Dampak negatifnya, sepertinya dunia modern barat menjadi trend kebanyakan hidup masyarakat kita. Sehingga mereka lebih memilih produk luar negeri karena faktor gengsi dan trend yang ada. Hal ini sungguh besar mempengaruhi produksi barang dalam negeri.
            Globalisasi juga memberikan dampak dari sisi pariwisata kita. Bisa dilihat sektor pariwisata kita memiliki pekembangan yang pesat. Sehingga pendapatan berupa devisa pun semakin meningkat. Selain itu semakin terbukanya lapangan pekerjaan di bidang pariwisata. Dan dapat dijadikan ajang promosi produk-produk asli Indonesia.
            Dari sisi permodalan, kita akan semakin mudah mendapatkan kesempatan mengakses modal investasi dari luar negeri. Apabila investasinya bersifat langsung, misalnya dengan pendirian pabrik di Indonesia maka akan membuka lapangan kerja. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal di Indonesia.
            Hal yang paling ditakutkan dari pengaruh globalisasi adalah ancaman masuknya tenaga kerja asing di Indonesia yang lebih profesional SDMnya. Lapangan kerja di Indonesia yang sudah sempit jadi semakin sempit. Ditambah minimnya SDM berkualitas di dalam negeri. Usaha untuk meningkatkan SDM pun masih bisa dibilang belum berhasil. Masih banyak anak-anak yang bahkan tidak mendapatkan pendidikan sesuai haknya. Adapun SDM negara kita yang berkualitas kebanyakn bekerja untuk perusahaan asing di luar negeri.
            Kesimpulannya adalah globalisasi memiliki dampak positif dan negatif untuk perekonomian Indonesia. Kembali lagi kepada kita sebagai warga negara Indonesia untuk bisa memanfaatkan hal yang positif dan menghindari yang negatif dengan membangun rasa nasionalisme yang tinggi sesungguhnya.

No comments:

Post a Comment