Sunday, June 30, 2013

Hubungan Intern dan Antar Keluarga

   Yaitu : Hubungan antara anggota itu sendiri seperti : ayah, ibu dan anak, antara kakak dan adik. Serta hubungan keluarga yang lainnya misalnya : kakek, bibi, paman dan sebagainya, yang harus kita bina kelestarianny.

  Selain dari itu hubungan keluarga yang satu dengan keluarga yang lain dalam masyarakat, dimana kita tinggal seperti dengan tetangga-tetangga yang dekat. Juga harus kita jaga yang sebaik-baiknya, hubungan antara keluarga harus selalu kita bina. Saling sayang-menyayangi juga saling hormat-menghormati. Sebagai orang tua wajib menyayangi anak-anaknya, mendidik putra-putrinya, dengan penuh sabar dan perhatiannya serta memperhatikan segala macam keperluannya seperti : makanannya, pakaiannya, alat-alat sekolah, serta nasihat-nasihat perlu kita perhatikan. Sebaliknya sebagai seorang anak hendaklah, kita bina agar selalu mencintai kedua orang tuanya, terhadap adiknya dan terhadap keluarga lainnya, saling hormat-menghormati, penuh cinta kasih dan memperhatikan.

   Yang seperti itu dapat kita pupuk melalui rekreasi bersama melakukan pekerjaan rumah bersama-sama, serta selalu makan bersama-sama. Dengan demikian merupakan suatu ikatan batin yang sangat tinggi sehingga merupakan suatu keluarga yang sejahtera, dan juga apabila keluarga berkumpul tentu akan menceritakan pengalamannya masing-masing apakah suatu kesulitan ataupun saran-saran. Sehingga akhirnya akan lebih mendekatkan hati antara seluruh keluarga, sehinggatercapailah keluarga yang harmonis. Juga dengan para tetangga kita harus memperhatikan kesusahannya, kemalangannya, serta kita harus memberikan pertolongan bila diperlukan.

  Kita harus hidup bergotong-royong dan janganlah sekali-kali meremehkan tetangga, jangan ikut campur urusan rumah tangganya, jadi kiota sebagai makhluk sosial harus tetap rukun dan bertoleransi.

No comments:

Post a Comment