Tuesday, April 30, 2013

Andai Aku Menjadi Menteri Perekonomian



      Sebelum itu saya akan menjelaskan tentang kementerian koordinator bidang perekonomian Indonesia. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, disingkat Kemenko Perekonomian, sebelumnya bernama "Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri", adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi koordinasi dan sinkronisasi penyiapan dan penyusunan kebijakan serta pelaksanaannya di bidang perekonomian. Kemenko Perekonomian dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) yang sejak tanggal 22 Oktober 2009 dijabat oleh Hatta Rajasa.
            Fungsi dari kementerian koordinator bidang perekonomian Indonesia adalah :
  1. Mengkoordinasikan para menteri negara dan pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian dalam keterpaduan pelaksanaan tugas di bidang perekonomian, termasuk pemecahan permasalahan dalam pelaksanaan tugas;
  2. Pengkoordinasian dan peningkatan keterpaduan dalam penyiapan dan perumusan kebijakan pemerintah, penyusunan rencana, program dan kegiatan kementerian dan lembaga pemerintah nonkementerian di bidang perekonomian;
  3. Penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden
            Dan di dalam menko perekonomian terdiri dari koordinasi seperti : Kementerian Keuangan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Badan Usaha Milik Negara
            Di antara koordinasi tersebut yang saya inginkan adalah menjadi menteri keuangan. Tugas dari seorang menteri keuangan adalah menyelenggarakan urusan di bidang keuangan dan kekayaan negara dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
            Salah satu menteri keuangan favorit saya adalah ibu Sri Mulyani Indrawati. Karena menurut saya beliau adalah sosok yang sangat powerful. Beliau adalah orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Beliau dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Beliau juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.
            Karena beliaulah salah satu impian saya adalah menjadi menteri keuangan. Untuk membangun perekonomian bangsa Indonesia, yang saya cintai ini, menjadi salah satu pusat perekonomian yang paling kuat di seluruh dunia.
            Apabila saya menjadi salah satu menteri perekonomian yang pertama saya lakukan adalah membenahi masalah-masalah internal yang ada di dalam kementerian perekonomian. Karena menurut saya masalah internal adalah sesuatu yang penting dan akan selalu berimbas ke masalah eksternal lainnya. Yang kedua adalah membenahi sistem-sistem keuangan negara kita ini.
            Yang paling penting adalah selalu di dasari oleh rasa cinta dan rasa untuk membangun negara tercinta ini.

No comments:

Post a Comment